Oct 12, 2011

Teknik Animasi Stop Motion /Clay Motion

shaun the sheep


PENDAHULUAN
Semua orang tentu pernah menonton film ataupun serial animasi. Judul-judul seperti Sponge Bob Square Pants, Doraemon, Upin-Ipin, dan Shaun the Sheep tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Semuanya adalah judul-judul serial animasi yang sedang populer sekarang ini. Menonton serial animasi memang menyenangkan, tapi membuatnya sama sekali bukan hal yang mudah. Dibutuhkan puluhan orang untuk mengerjakan suatu proyek animasi yang rumit. Terdapat berbagai macam teknik untuk pembuatan animasi, salah satunya adalah teknik animasi stop motion/clay motion.




PEMBAHASAN
Sebelum membahas mengenai teknik pengerjaan animasi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari animasi. Animasi berasal dari bahasa latin, anima, yang artinya jiwa, hidup, nyawa dan semangat. Animasi ialah suatu seni untuk memanipulasi gambar menjadi seolah-olah hidup dan bergerak, yang terdiri dari animasi 2 dimensi maupun 3 dimensi. Animasi 2D membuat benda seolah hidup dengan mengunakan kertas atau komputer. Animasi 3D merupakan animasi yang dibuat dengan menggunakan model seperti yang berasal dari lilin, clay, boneka/marionette dan menggunakan kamera animasi yang dapat merekam frame demi frame.
Teknik untuk membuat animasi bermacam-macam. Ada teknik animasi Hand Drawn, yaitu teknik klasik yang mengandalkan kemampuan tangan untuk membuat gambar frame per frame secara manual, kemudian teknik animasi Hand Drawn dan Computer yang menggabungkan gambar manual dan komputer, lalu teknik animasi Stop Motion/ Clay Motion.


Teknik animasi Stop Motion /Clay Motion dalam pengerjaannya tentu menggunakan clay. Clay adalah sebutan lain untuk tanah liat. Meski namanya clay (tanah liat), yang dipakai bukanlah tanah liat biasa. Animasi ini memakai plasticin, bahan lentur seperti permen karet yang ditemukan pada tahun 1897.  Animasi dibuat dengan menggerakkan objek atau model dari boneka ataupun bahan elastis yang terbuat dari clay / tanah liat atau tanah liat sintetis. Obyek digerakkan sedikit demi sedikit dan kemudian diambil gambarnya satu per satu. Setelah diedit dan disusun, Apabila rol film dijalankan, akan memberikan efek seolah-olah boneka atau model tersebut bergerak . Contoh animasi yang menggunakan teknik ini adalah Nightmare Before Christmas dan Shaun the sheep


Tehnik stop-motion animasi pertama kali ditemukan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906; yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya. Tehnik stop-motion animasi ini sering digunakan dalam visual effect untuk film-film di era tahun 50-60-an bahkan sampai saat ini.


Penggagas Clay animation adalah Art Clokey. Clokey membuat animasi tanah liat( clay animation) dengan teknik stop motion (teknik animasi yang memanipulasi objek seakan-aka terlihat bergerak sendiri, padahal objek itu diam. Art Clokey sendiri membuat karakter animasi tanah liat-nya yaitu bernama Gumby (manusia) dan Pokey (seekor kuda). Karakter ini terkenal dan disiarkan di channel televise seperti NBC dan Nickeledeon.


Sejauh ini perkembangan stop motion animation di Indonesia belum terlalu besar, sehingga sulit menjadi animator yang mau berkarya pada bidang ini. Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah tingkat kesulitan dan kesabaran yang cukup tinggi, yang tentu saja tidak dipunyai oleh setiap orang.


KESIMPULAN
Teknik animasi Stop Motion /Clay Motion dalam pengerjaannya  menggunakan clay.  Animasi dibuat dengan menggerakkan objek atau model dari boneka ataupun bahan elastis yang terbuat dari clay / tanah liat atau tanah liat sintetis. Obyek digerakkan sedikit demi sedikit dan kemudian diambil gambarnya satu per satu. Setelah diedit dan disusun, Apabila rol film dijalankan, akan memberikan efek seolah-olah boneka atau model tersebut bergerak. Teknik animasi ini sebenarnya termasuk animasi klasik, namun karena teknik pembuatannya memerlukan kesabaran dan ketekunan yang tinggi, tidak banyak animator yang memilih membuat animasi dengan teknik ini.






Referensi:
http://wikipedia.com
http://files.multimediasmknempatsby.webnode.com
 http://jalannyauzanks.blogspot.com/2011/10/google-doodle-art-clokeys-birthday.html





No comments:

Post a Comment