Nov 13, 2011

TUTORIAL PHOTOSHOP : MEMBUAT EFEK TULISAN BERCAHAYA


ABSTRAKSI
Membuat efek tulisan bercahaya dengan photoshop sangatlah mudah dan tidak memerlukan teknik-teknik pengeditan yang rumit. Pembuatannya pun tidak memakan waktu yang lama. Simak saja tutorial ini selengkapnya.

PENDAHULUAN
Untuk membuat foto tampak lebih wah, terkadang memerlukan pengeditan khusus. Namun, tidak perlu khawatir, hanya dengan software adobe photoshop dengan teknik-teknik pengeditan sederhana pun kita dapat mempermak foto menjadi lebih indah. Kali ini, saya akan memberikan tutorial teknik  photoshop sederhana, yaitu membuat efek tulisan bercahaya.

TELAAH PUSTAKA
Software yang diperlukan adalah:
1.       Adobe Photoshop CS4

PEMBAHASAN
Pertama-tama, buka adobe photoshop terlebih dulu, lalu atur foreground dan background color seperti berikut:

Untuk mengganti warna foreground, double click pada kotak foreground color, lalu pilih warna putih, kemudian OK. Kemudian untuk mengganti warna background double click pada kotak background color, lalu pilih warna hitam, kemudian OK.
Selanjutnya, buat file baru, klik menu file-new, kemudian muncul kotak dialog. Atur seperti berikut:

Setelah selesai, klik OK.
Kemudian, kita akan membuat tulisannya. Klik ikon T pada menu.


Kemudian, klik pada lembar kerja, dan ketikkan tulisan yang kita inginkan. Misalnya: ‘Agnes Ganisa S.’

Setelah membuat tulisannya, langkah selanjutnya adalah membuat efek cahayanya. Pertama-tama, Klik pada layer background, lalu klik lagi pada layer teks

Kemudian, pada layer text, pilih icon fx, lalu klik outer glow.
Setelah itu Akan muncul jendela layer style. Untuk memilih warna cahaya tunggal, double klik pada (1), untuk memilih warna cahaya yang berwarna-warni, klik tanda panah(2), untuk intensitas penyebaran cahaya, atur pada (3), untuk memilih ukuran penyebaran cahaya, atur pada (4)

Klik OK, hasilnya seperti dibawah ini:

Nah, bagaimana? Mudah kan? Efek tulisan bercahaya seperti ini bisa digunakan dalam pengeditan foto agar foto tampak lebih bagus. Contohnya penerapannya seperti foto dibawah ini:

Bagaimana? Foto jadi tampak lebih keren kan? :D -Nez-

KESIMPULAN
Untuk membuat foto lebih bagus dengan efek tulisan bercahaya sangat mudah.  Cukup dengan teknik-teknik pengeditan photoshop yang sederhana. Ayo coba sendiri ! J -Nez-

4 comments:

  1. http://www.pakarinternet.info/konten-perkakas/2012/02/405894_366431386704942_100000142503344_1633234_1609140747_n-copy.png

    ReplyDelete
  2. wkwkwk modal outer glow doang :3
    Tapi mantagg sogg (y)

    Visit ya justival.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. makasih udah berbagi ilmu..

    bermanfaat bgt

    ReplyDelete