Oct 12, 2011

TUTORIAL PHOTOSHOP : CARA MENGUBAH WARNA MATA

ABSTRAKSI
Untuk bisa memodifikasi dandanan, biasanya digunakan color replacement tool . Dengan tool ini, kita bisa mengubah warna mata, bibir, atau rambut,  memulas perona pipi pada foto, dan lain sebagainya.

PENDAHULUAN
Jika anda membuka majalah wanita, anda pasti memerhatikan, betapa bagusnya dandanan para modelnya. Tapi, tahukah anda, anda bisa memanipulasi foto anda agar dandanan terlihat lebih cantik. Caranya mudah saja, cukup dengan PC / laptop yang di dalamnya sudah terinstall software adobe photoshop, dan teknik sederhana photoshop.

TELAAH PUSTAKA
Software yang digunakan: Adobe Photoshop CS 4

PEMBAHASAN
Dalam kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial cara mengubah warna mata. Disini, saya menggunakan adobe photoshop cs 4. Dan, untuk tutorial ini, saya menggunakan foto teman saya, Rachel bilson. (hehehe. Sok kenal :P)


rachel bilson


Dalam foto ini, warna mata Rachel bilson adalah coklat tua. Mari kita ubah menjadi berwarna biru muda.
1.       Pertama, ubah tools aktif menjadi color replacement tool.

color replacement tool

2.       Kemudian, klik view-zoom in, dan fokuskan gambar pada bagian mata. Langkah ini dilakukan agar mempermudah dalam pewarnaan mata

3.       Ubah ukuran brush. Pilih yang kecil saja, agar dalam pewarnaan bisa lebih rapi. Untuk mewarnai mata Rachel bilson pada foto ini, saya menggunakan brush ukuran 6 px. Pertama, cari icon brush preset picker (Icon brush preset picker ini terdapat  di bawah menu bar).  Kemudian ubah diameternya dengan 6 px.

brush diameter

4.       Selanjutnya, pilih warna mata yang baru, yaitu biru muda. Untuk memilih warna, pilihlah pada window color. Window color ini terdiri dari 3 tab, yaitu color, swatches, dan styles. Tab swatches untuk memilih warna-warna sederhana yang telah disediakan photoshop, kemudian tab color untuk memilih warna-warna yang lebih spesifik dan detil, sementara styles digunakan untuk memilih gaya pewarnaan. Disini saya menggunakan warna biru dengan detil seperti ini :

color 



5    Setelah memilih warna, kemudian kita masuk ke dalam tahap paling penting, yaitu pewarnaan. Poleskan saja brush ke kedua mata Rachel. Warnai pelan-pelan agar hasilnya rapi, dan jangan warnai bagian yang berwarna putih. 

warnai mata perlahan


6.       Nah, selesai deh. Mudah sekali bukan? Hasilnya seperti ini. Nggak kelihatan kalau editan kan? hohohoho
rachel blison-blue eyes

Cara yang sama bisa juga kita gunakan untuk mengubah warna lipstick. Contohnya kita ubah warna lipstick Rachel menjadi pink cerah. Seperti berikut ini:

Teknik ini bisa juga digunakan untuk mengubah warna rambut. 
before

after


Okedeh, cukup sekian tutorial dari saya. Mudah-mudahan berguna bagi pembaca. ^^ Nez.

KESIMPULAN
Untuk memanipulasi foto anda agar dandanan terlihat lebih cantik, kita bisa memanfaatkan color replacement tool pada photoshop . Dengan tool ini, kita bisa mengubah warna mata, bibir, atau rambut,  memulas perona pipi pada foto, dan lain sebagainya. 

No comments:

Post a Comment