Mar 10, 2011

Daya Manusia


Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM  adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan.

Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal.  Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dll.

Tujuan-tujuan MSDM terdiri dari empat tujuan, yaitu :


1.       Tujuan Organisasional
Ditujukan untuk dapat mengenali keberadaan manajemen sumber daya manusia (MSDM) dalam memberikan kontribusi pada pencapaian efektivitas organisasi.

2.       Tujuan Fungsional
Ditujukan untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

1.      Tujuan Sosial
Ditujukan untuk secara etis dan sosial merespon terhadap kebutuhan-kebutuhan dan tantangan-tantangan masyarakat melalui tindakan meminimasi dampak negatif terhadap organisasi.


3.         Tujuan Personal
       Ditujukan untuk membantu karyawan dalam pencapaian tujuannya, minimal tujuan-tujuan yang dapat mempertinggi kontribusi individual terhadap organisasi. 

Peran, fungsi, tugas, dan tanggung jawab departemen sumber daya manusia:

1.                 1.        Perencanaan

2.       Rekrutmen & Seleksi

3.       Pelatihan, Pengembangan & Penilaian Prestasi

4.       Promosi, Pemindahan dan Pemisahan


Sumber:          
id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_manusia
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_sumber_daya_manusia

No comments:

Post a Comment