Game Katak Vs Kodok (Pawn Jumper) adalah sebuah game AI(Artificial intelligence) dimana game ini dikembangkan dari game-game yang sudah ada yaitu checkers dan
chess. Pada tampilan awal game, sama seperti tampilan chess yang
biasanya ada yaitu catur 8x8 . Tetapi game ini di rubah pada semua bidaknya
menjadi pion, terdiri dari pion user yaitu berwarna “hijau” dan
bergambar “katak”, pion lawan yaitu yang berwarna “coklat” dan
bergambar “kodok” dan ukuran papannya adalah 9x9 yang berarti ada 36
bidak.
Permainan ini terdiri dari 2
tampilan atau layar, layar pertama merupakan layar pembuka saat permainan
pertama kali dijalankan dan layar kedua adalah layar utama dalam permainan ini.
Pada layar pertama terdapat
menu-menu seperti terlihat pada gambar berikut:
1. Saat game dijalankan user akan
mendengar suara pembuka dari game.
2. Terdapat 4 menu yaitu
· Menu
New Game : Menu untuk memulai permainan dan membuka layar
kedua.
· Menu
About
: Menu yang akan memunculkan windows baru yang berisi penjelasan dari alur
cerita dan tata aturan dari permainan ini. Di dalam windows about ini terdapat
sebuah button yang apabila diklik akan menutup window about dan kembali ke
layar pertama.
Menu Help
: Sebuah menu yang apabila di klik akan muncul sebuah file .txt yang
berisi panduan dalam mengoperasikan permainan ini.
· Menu
Exit : Sebuah menu untuk keluar dari
permainan
Algoritma Artificial Intelligence (AI)
Aritificial intelligence adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana membuat sistem atau komputer menjadi cerdas. Supaya komputer bisa bertindak seperti atau serupa dengan manusia, maka komputer harus diberi bekal pengetahuan, dan mempunyai kemampuan untuk menalar. AI juga diterapkan dalam permaianan Katak vs Kodok
ini. Aturan atau algoritma yang digunakan pada game ini merupakan
algoritma minimax. Algoritma minimax merupakan algoritma yang digunakan
untuk memperkecil kemungkinan kehilangan seminimal mungkin dan
mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dalam menentukan
pilihan. Pada permainan katak vs kodok ini kemungkinan solusinya
lebih sedikit, karena pion yang kita gunakan hanya 1 jenis dan cara jalannya
pun tidak terlalu banyak. Pada algoritma minimax, akan mengecek seluruh
kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan. Pengecekan tersebut akan
menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan tersebut.
Algoritma minimax ini bekerja
secara rekursif dengan mencari langkah yang akan membuat lawan mengalami
kerugian minimun. Semua strategi lawan akan dihitung dengan algoritma yang sama
dan seterusnya. Ini berarti pada langkah pertama, komputer akan menganalis
seluruh pohon permainan. Dan untuk setiap langkahnya, komputer akan memilih
langkah yang paling membuat lawan mendapatkan keuntungan minimun, dan yang
paling membuat komputer itu sendiri mendapatkan keuntungan maksimum. Dalam
algoritma minimax, komputer akan menjalankan solusi yang berada di dalam tree
yang menguntungkan paling banyak, apabila tidak ada maka komputer akan
menjalankan tree yang diluar yang menghasilkan keuntungan maksimal.
Tampilan saat dimainkan:
KELOMPOK
1.
Agnes Ganisa Saraswati [50410280]
2.
Andika Dwi Bhaskara [50410702]
3. M.
Agus Sunaryono [54410851]
KELAS
3IA01
Bagi yang ingin mencoba memainkannya, bisa di download disini :) trimakasih.
No comments:
Post a Comment