Dec 17, 2011

MENGUBAH KOMPOSISI TONE WARNA FOTO DENGAN PHOTOSHOP

ABSTRAKSI
Komposisi warna merupakan hal yang sangat penting dalam foto. Untuk membuat foto tampak lebih memiliki 'perasaan' kita bisa mengubah komposisi warna dalam foto dengan software Adobe Photoshop. Teknik ini mudah untuk diterapkan. Hanya dengan beberapa langkah saja anda akan mendapatkan foto yang memiliki komposisi warna yang menarik.

PENDAHULUAN
Komposisi Warna adalah perpaduan yang harmonis antara dan warna atau lebih yang terjadi dalam suatu bingkai atau frame gamber. Sebuah contoh komposisis warna dari sebuah karya foto yang bagus memiliki komposisi warna yang tepat. (Scott Kelby, Fotografi Digital, 2009). Foto yang semarak dan penuh dengan warna memang indah, namun foto yang selalu dikenang adalah foto yang menampilkan warna sesedikit mungkin. 

TELAAH PUSTAKA
Yang diperlukan untuk mengikuti tutorial ini:
- Laptop / Komputer.
- Software Adobe Photoshop (Dalam tutorial ini saya menggunakan Adobe Photoshop CS4).
- Foto yang akan diedit.

PEMBAHASAN
Pertama, buka foto yang akan diubah komposisi warnanya. Dalam tutorial ini, saya menggunakan foto ini:

Klik tab layer, lalu tekan CTRL+J untuk menduplikasi layer background.
Selanjutnya, klik tab channel, dan klik pada channel green. Klik CTRL+A, lalu CTRL+C. Kemudian, klik channel blue. Klik CTRL+V



Untuk melihat hasilnya, klik pada channel RGB. Untuk menghilangkan garis seleksi, klik CTRL+D.  Untuk sementara, hasilnya akan seperti ini:


Pada layer 1, klik icon new fill or adjustment layer, kemudian klik selective color.


Ubah warna tone sesuai keinginan. Untuk foto ini, saya menggunakan setting seperti ini:

 Hasil akhirnya:

KESIMPULAN
Mengubah komposisi warna pada foto membuat foto tampak lebih menarik dan memiliki muatan perasaan khusus. Telah ditunjukkan dalam tutorial ini bahwa sangat mudah untuk mengubah komposisi warna pada Photoshop. Yang diperlukan hanyalah sedikit seni agar hasil foto memiliki komposisi tone warna yang tepat. 

Dec 11, 2011

Kelebihan dan Kekurangan Facebook, Twitter, dan Google Plus

PENDAHULUAN

Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. Jejaring sosial telah mengubah cara orang berkomunikasi dengan orang lain, seperti keluarga, teman dan orang lain secara online. Berkomunikasi melalui social media bahkan sudah seperti kebutuhan utama bagi sebagian pecandu dunia maya. Jejaring sosial populer antara lain facebook, twitter, myspace, linkedln, dan hello. Disini,saya akan membahas kelebihan dan kekurangan jejaring sosial facebook, twitter, dan google plus


PEMBAHASAN


1. Twitter 

Twitter merupakan layanan microblogging yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. Pengguna dapat membaca dan mengirim pesan atau tweet sepanjang maksimal 140 karakter. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan followers (pengikut). Dengan jumlah pengguna bulanan yang mencapai 200.000.000 orang, twitter semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu jejaring sosial paling populer di dunia.

Kelebihan:

-Menjangkau tidak hanya antara teman, tetapi komunikasi antara artis dengan fans-nya juga menjadi lebih mudah.
-Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan.
-Komunikasi di twitter terjadi sangat cepat. Sering terjadi berita-berita terupdate, seperti terjadinya suatu bencana misalnya, lebih dahulu didapatkan infonya melalui twitter.
-Terdapat fitur trending topic yang memungkinkan kita untuk mengetahui apa saja yang sedang in atau happening dibicarakan oleh para pengguna twitter.
-Pengguna dapat mengubah gambar layout sesuai dengan selera mereka.

Kekurangan:

-setiap tweet dibatasi maksimal hanya 140 karakter saja.
-banyak symbol yang harus diingat kegunaannya oleh pengguna, seperti @, RT, # dan lain-lain.
-Tidak ada fitur Chatting seperti di facebook.
-Tidak bisa membuat album foto seperti di facebook.
-Ukuran avatar (foto profil) kecil.


2. Google Plus


Social Media teranyar buatan raksasa IT google ini meraih popularitas dalam sekejab. Digadang-gadang akan menjadi saingan terbesar facebook, jumlah penggunanya melonjak sangat cepat begitu layanan ini dibuka untuk umum. Angka jumlah pengguna Google Plus per September 2011 diperkirakan sudah mencapai sekitar 43 juta pengguna. Sebelumnya pada tanggal 9 September lalu Allen mengklaim Google Plus memiliki 28.7 pengguna, dan angka tersebut melompat 37.8 juta pengguna pada 22 September kemarin, dan pada akhir September 2011 diperkirakan telah mencapai 43 juta pengguna.

Kelebihan:

- Ada fasilitas Repost yang memiliki istilah Reshared, jadi kita langsung bisa mengutip sebuah status dari teman yang ada pada circle kita. Ini mirip seperti Retweet di Twitter
-Atur status Status yang kita buat bisa diatur apakah itu tidak boleh dishare kembali atau tidak boleh dikomentari.
-Terdapat fasilitas Hangouts yang memungkinkan pengguna video chat dengan temannya.
-Mode huruf beragam. Di G+ (singkatan Google+) bisa menulis sebuah status dengan mode miring, coret, atau tebal.
-Sistem Tag sama dengan FB, di G+ bisa membuat tag di status dengan ‘@’ dan ‘+’. Tag bahkan juga bisa dibuat melalui versi mobile.

Kekurangan:

-Dengan koneksi internet yang lambat, akan sulit mengakses akun google plus yang menggunakan live notification.
-Banyak fitur yang sama seperti yang sudah dimiliki oleh pendahulunya, facebook.
-Popularitas google plus menurun dibandingkan awal-awal diluncurkannya layanan ini. Semakin banyak yang meninggalkan jejaring sosial ini.
-Belum banyaknya dukungan dari aplikasi lain seperti games yang sudah terlebih dahulu populer di facebook.


3. Facebook

Siapa yang tidak kenal facebook? Mulai dari anak kecil sampai dewasa pasti sudah karab dengan nama jejaring sosial yang satu ini. Dimulai dari kemunculannya tahun 2006 yang mampu menggeser dominasi friendster, sedikit demi sedikit, facebook mulai membangun kekuatannya menjadi social media yang paling populer. Hingga saat ini, dengan lebih dari 700.000.000 pengguna aktif bulanan, keberadaan facebook sebagai social media terpopuler nampaknya masih sulit untuk digoyahkan.

Kelebihan:

-Menggunakan facebook sangat mudah.
-Pengguna facebook sangat banyak, mencapai 700.000.000 pengguna aktif per bulan.
-Bisa digunakan untuk media bisnis online melalui jaringan pertemanan yang telah dimiliki.
-Upload gambar mudah, dan bisa dibuat album foto.
-Terdapat aplikasi chat yang membuat pangguna yang sedang online bisa chat dengan temannya yang sedang online juga.
-Pengguna bisa membuat/bergabung dengan group kesukaan/hobi/bisnis/pertemanan yang memungkinkan pembagian informasi lebih spesifik, mudah, dan tepat sasaran.

Kekurangan:

-Seringnya facebook berubah tampilan kerap membuat pengguna bingung.
-Layout yang tidak bisa diganti.
-Alur informasi masih kalah cepat dengan twitter.



KESIMPULAN

Setiap jejaring sosial pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Twitter unggul pada kecepatan arus informasi, facebook unggul pada kelengkapan fitur dan banyaknya jumlah penggunanya, dan google plus unggul pada beragam fasilitas baru seperti hangouts, circle, dan sparks. Pada akhirnya, memilih jejaring sosial bergantung pada kebutuhan pengguna sendiri.